skip to Main Content

Welcome To Aryasatya

Jasa Pembuatan Aplikasi Berbasis Web Terbaik dan Termurah. Pengembangan Dilakukan oleh Team Programming Profesional dan Berpengalaman. Fokus Jasa Kami adalah Jasa Pembuatan Website, Digital Product, Web Programming, Toko Online , dan Aplikasi Berbasis Web

aryasatya.home@gmail.com
0815-4287-9587
Jl. Raya Pesanggrahan No. 20 RT. 02 RW. 03
Kec. Kesugihan, Kab. Cilacap
Jawa Tengah - 53274

Cara Optimasi Database WordPress dengan phpMyAdmin

Cara Optimasi Database WordPress Dengan PhpMyAdmin

Cara optimasi database wordpress dengan phpmyadmin adalah hal penting yang harus diketahui oleh webmaster atas berbagai macam alasan. Yang sangat penting adalah karena cara ini dapat untuk meningkatkan kecepatan database dalam menampilkan data. Jika data dari database tampil dengan cepat, maka loading website wordpress juga semakin lebih cepat. Pengoptimalan akan berdampak positif dan terasa efektif ketika digunakan pada ukuran database website yang terbilang besar. Misalnya jika database mysql wordpress telah mencapai jumlah 7500 baris, atau jika ukurannya melebihi 350-500 MB.

Ukuran database website dapat bertambah besar dari waktu ke waktu, terutama pada sebuah web wordpress dengan banyak konten atau artikel. Oleh karena itu, optimasi database wordpress dapat meningkatkan performa website wordpress secara signifikan. Optimasi database dapat dilakukan via phpMyAdmin yang merupakan manajemen database MySQL gratis yang tersedia di hampir semua layanan hosting. Kemudian bagaimana cara optimasi database wordpress dengan phpmyadmin tersebut, sehingga mempercepat loading website wordpress.

Cara Optimasi Database WordPress dengan phpMyAdmin

Berikut adalah langkah bagaimana cara optimasi database wordpress dengan phpmyadmin agar database MySQL cepat dalam loading. Sehingga dapat mempercepat loading wordpress, yang akhirnya dapat bersaing dalam search engine.

1. Akses ke Database MySQL

Agar dapat mengakses database MySQL yang akan di optimasi, tentunya kita harus memiliki akses ke panel phpMyAdmin. Jadi, pastikan bahwa kita telah memiliki akses ke cPanel dari akun hosting tempat website diinstall. Caranya adalah login ke cPanel kemudian pilih database MySQL kemudian pilih dan akses ke phpMyAdmin. Setelah masuk ke panel phpMyAdmin, pilih dan klik pada database yang di optimasi.

cara optimasi database wordpress dengan phpmyadmin
Panel Database MySQL

2. Optimasi Database MySQL

Pertama pilih tab Structure, kemudian centang Check all dan klik menu dropdown With selected: kemudian pilih Optimize Table. Sesaat setelah pilih Optimize Table, maka proses optimasi langsung di eksekusi, tunggu hingga proses selesai.

Proses Optimasi Database MySQL

Kedua, proses optimasi database selesai dan berhasil dengan report status seperti ini “Your SQL query has been executed successfully”. Jika tidak mendapati report seperti tersebut atau menemukan error atau permasalahan lain ketika proses berlangsung, silakan hubungi penyedia layanan hosting. Lakukan komunikasi sehat dan mohon bantuan kepada admin atau CS hosting, agar proses optimasi database wordpress dapat berhasil.

Optimasi Database WordPress Berhasil

Sampai disini proses optimasi database mysql telah berhasil, dan pastinya kita jadi mengerti bagaimana cara optimasi database wordpress dengan phpmyadmin. Hal penting yang harus kita perhatikan adalah melakukan optimasi ini secara berkala, periodik dalam jangka waktu tertentu. Dapat juga optimasi dilakukan ketika database wordpress telah memiliki ukuran yang besar dan menurunkan performa website.

Cara Optimasi Database WordPress dengan phpMyAdmin

Demikian penjelasan sederhana dari kami tentang cara optimasi database wordpress dengan phpmyadmin yang mungkin masih terdapat kesalahan. Terima kasih telah berkunjung, silahkan SHARE jika bermanfaat.

Salam Bloging

 

Incoming search;

  • cara mempercepat query mysql php
  • mysql lambat
  • akses database mysql lambat
  • cara maintenance database mysql
  • cara mempercepat akses database mysql
  • optimalisasi mysql server
  • database paling cepat
  • optimalisasi database

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
×Close search
Search