skip to Main Content

Welcome To Aryasatya

Jasa Pembuatan Aplikasi Berbasis Web Terbaik dan Termurah. Pengembangan Dilakukan oleh Team Programming Profesional dan Berpengalaman. Fokus Jasa Kami adalah Jasa Pembuatan Website, Digital Product, Web Programming, Toko Online , dan Aplikasi Berbasis Web

aryasatya.home@gmail.com
0815-4287-9587
Jl. Raya Pesanggrahan No. 20 RT. 02 RW. 03
Kec. Kesugihan, Kab. Cilacap
Jawa Tengah - 53274

Cara Memasang Google Analytics di WordPress Manual Tanpa Plugin

Cara Memasang Google Analytics Di WordPress Manual Tanpa Plugin

Cara Memasang Google Analytics di WordPress Manual Tanpa Plugin adalah salah satu teknik SEO onpage yang perlu kita lakukan agar website dapat kita monitoring secara realtime. Sebelum memasang Google Analytics tentunya kita harus terlebih dulu daftar Google Analytics untuk WordPress. Cara daftar Google Analytics cukup mudah, seperti kita ketahui bersama bahwa Google Analytics adalah salah satu produk dari Google itu sendiri. Jadi jika kita memiliki salah satu saja akun Google, maka secara otomatis kita akan memiliki akaun Google yang lainnya. Tanpa kecuali Google Analytics di WordPress ini, hanya saja kita perlu memverifikasi atau memasang nya. Yang akan kita bahas adalah cara pemasangannya yaitu cara memasang Google Analytics di WordPress manual tanpa plugin.

Google Analytics merupakan tool yang sangat penting, yang dapat melacak lalu lintas website atau blog dengan berbagai informasi yang jelas dan akan memberikan wawasan berharga tentang pengunjung website. Mungkin ketika pertama kali kita melihat Google Analytics akan merasa kebingungan, tapi percayalah bahwa dalam waktu yang singkat kita akan memahami betapa pentingnya alat pelacak milik Google ini. Jadi, langsung saja kita lihat cara menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke situs WordPress tanpa plugin.

Kenapa Harus Memasang Kode Google Analytics Tanpa Plugin? Ya pertanyaan itu, jawabannya memang tidak harus. Kita bisa juga menggunakan plugin untuk memasang kode analytics di situs WordPress. Tapi, kadang plugin juga menjadikan berat loading situs dan ini hanya tentang memasang kode saja, tidak lebih. Karena dengan memasang kode secara manual pun juga akan mendapatkan hasil laporan yang sama di dashboard Google Analytics.

Jika kita pengguna plugin optimasi SEO seperti All In One SEO maka itu akan menjadi sangat mudah, kita tidak perlu menginstall plugin khusus untuk memasang kode Google Analytics dan juga sudah disediakan tempat untuk memasangnya. Tapi jika kita adalah pengguna plugin SEO Yoast maka kita tidak akan menemukan pengaturan untuk memasang kode Google Analytics dan SEO Yoast akan menyarankan untuk menggunakan plugin MonsterInsights untuk Analytics.

Kekurangan tidak menggunakan plugin untuk memasang Google Analytics adalah ketika kita mengganti tema WordPress dengan tema yang lain, maka kode Google Analytics akan hilang dan harus memasangnya lagi. Jadi, apakah kita ingin menggunakan plugin atau tanpa plugin untuk menambahkan kode Google Analytics di situs WordPress. Tapi, jika kita lebih suka memasang kode Google Analytics secara manual tanpa plugin, ikuti langkah-langkah-panduan di bawah ini.

Cara Memasang Google Analytics di WordPress Manual Tanpa Plugin

Berikut adalah langkah cara memasang Google Analytics di WordPress manual tanpa plugin dengan mudah. Namun sebelum memulai, pastikan untuk membuat backup tema WordPress, jadi jika ada masalah kita dapat dengan mudah mengembalikannya. Karena pemasangan kode Google Analytics ini akan langsung berhubungan dengan kode di tema WordPress yang digunakan, jadi jika terdapat kesalahan sekecil titik koma yang salah tempat dapat mengakibatkan masalah pada seluruh situs WordPress kita. Pastikan untuk membuat backup sebagai tindakan preventive.

Langkah pertama: Dapatkan Kode Pelacakan Google Analytics.

Login ke akun Google Analytics, kemudian klik menu “ADMIN” di sidebar kiri bawah. Pada tab “Setelan Properti” pilih “Info Pelacakan”, laku klik “Kode Pelacakan”.

cara memasang google analytics di wordpress
cara memasang google analytics di wordpress

Kemudian kita akan diarahkan ke halaman informasi kode pelacakan situs. Salin dan simpan terlebih dulu kode “Pelacakan Situs” tersebut ke notepad.

cara memasang google analytics di wordpress
cara memasang google analytics di wordpress

Langkah kedua: Tambahkan Kode Pelacakan ke file header.php pada Theme Editor WordPress

Masuk ke dashboard WordPress dan arahkan ke menu Tampilan > Theme Editor. Kemudian klik file “header.php” di sebelah kanan bawah.

cara memasang google analytics di wordpress
cara memasang google analytics di wordpress

Pada tampilan theme editor wordpress, tempel kode pelacakan situs yang baru saja kita salin dari profil Analytics tadi tepat setelah tag atau tepat setelah tag , silahkan pilih salah satu. Pada contoh ini kode pelacakan situs di tempel setelah tag , kemudian klik “Perbarui Berkas”.

cara memasang google analytics di wordpress
cara memasang google analytics di wordpress

Cara Memasang Google Analytics di WordPress Manual Tanpa Plugin

Sampai disini saja, cara memasang google analytics di wordpress manual tanpa plugin telah selesai, selanjutnya dapat kita lihat hasilnya pada dashboard google analytics. Jika jumlah pengunjung aktif sudah terekam secara realtime, itu berarti kita telah sukses menambahkan Google Analytics ke situs WordPress. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top
×Close search
Search